Tuntunan Pranikah : Membahas ‘Aisyah & Mai’sah

🌸 Membahas ‘Aisyah & Mai’syah

by. Ahmad Gozali

〰〰〰

Iye, emang paling demen dah financial planner yang satu ini ngebahas hal sensitif tapi penting 😁

(pernah bikin kultwit serupa dan aku juga sudah ‘selamatkan’ di blog ini … cari deh 😉

wedding

#AiMa itu singkatan ‘Aisyah dan Mai’syah. Judul buku saya yang ini nih. Bahas tentang persiapan keuangan menuju pelaminan. pic.twitter.com/9tPq5IfoxD

‘Aisyah adalah istri Rasulullah صلى الله عليه وسلم yg paling sering dibahas dalam sejarah. ‘Aisyah adalah icon istri idaman para lelaki bujangan. #AiMa

Mai’syah artinya sumber nafkah … api pembakar tungku di dapur, bensin penggerak mesin rumah tangga, perannya kecil tapi penting. #AiMa

‘Aisyah & Mai’syah adalah 2 hal yg menjadi faktor tarik-ulur para pemuda di penghujung masa lajangnya … #AiMa

‘Aisyah sih sudah ada, tapi mai’syahnya blm siap. Begitu kilah para pemuda ketika ditanya oleh ustadznya untuk segera menikah … #AiMa

Maka setelH lulus kuliah, para pemudi sudah pasang sign “Yes, I’m ready …!” Tapi sayang, para pemuda msh duduk bimbang di pojok mesjid. #AiMa

Coba perhatikan perbincangan di kalangan single saat menghadiri akad nikah atau resepsi pernikahan. Pemuda & Pemudi beda bahasannya. #AiMa

Para pemudi colek pengantin, tanya bagaimana perasaannya, kenal dimana, dan lain-lain | Pemuda colek pengantin & tanya “abis berapa lu?” #AiMa

Di sini lah para pemuda harus diluruskan pemahamannya. Jangan menunda menikah hanya dengan alasan belum ada biaya untuk resepsi yang mahal. #AiMa

Wahai para pemuda, ketahuilah … semahal-mahal biaya resepsi, masih bisa nego, masih bisa juga patungan … #AiMa

Tapi semurah-murahnya biaya hidup setelah menikah, itu tanggung-jawabmu sendiri sebagai suami … ! #AiMa

Saya ulangi: “Semahal apapun biaya resepsi, bisa nego & patungan. Tapi semurah apapun biaya hidup, harua dari kantong sendiri” #AiMa

Maka benahi prioritasmu … mengusahakan mai’syah BUKAN untuk biaya resepsi, tapi untuk biaya hidup MANDIRI sesudah menikah. #AiMa

Jadi kalau nabung abis-abisan buat pesta besar, lalu setelah itu numpang sama mertua, itu namanya TER … LA ..
LU … !!! #AiMa

Tunda pernikahan dengan alasan belum punya dana buat resepsi, tapi malah ngabisin duit buat pacaran sana sini, itu namanya TER … LA … LU … #AiMa

Tapi bagaimana kalau emang buat biaya hidup saja sepertinya belim cukup … ? Silakan baca QS. an-Nur : 32 #AiMa

Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui” (QS. an-Nur : 32) #AiMa

HANYA dengan menikah saja, Allah berikan rezeki … apalagi kalau setelah menikah menjadi tambah tanggung-jawab, tambah semangat berusaha. #AiMa

Tapi gimana kalau camer yang minta pesta pernikahan seperti ini itu … ? | Statusnya masih camer kan? Kalau gak sanggup, berarti gak jodoh! Simple! #AiMa

Lulus kuliah alasannya belum kerja. Sudah kerja alasannya belum karyawan tetap. Sudah diangkat, ada lagi alasannya ini itu … #AiMa

Belum punya rumah, belum punya kendaraan, belum punya gaji tinggi … Itu cuma alasan. Yg benar adalah belum punya NYALI #AiMa

“Mai’syah udah ada, tapi ‘Aisyah belum ketemu” Itu juga alasan. Yang benar adalah belum ketemu NYALI untul gandeng ‘Aisyah. #AiMa

Kalau Anda menunggu mapan, agar bisa menarik hati wanita agar mau dinikahi … Kira-kira apa ya alasannya dia mau ya? #AiMa

Berfikir terbalik: bukan nunggu mapan baru berani nikah, telat itu mah. Tapi menikahlah, niscaya makin terbuka jalan utk mapan. #AiMa

Mantapkan niat, ubah prioritas keuangan … Siapkan keuangan untul hidup setelah menikah, bukan untuk resepsi mewah. #AiMa

Untuk para pemuda, jangan tunggu mapan. Yang penting BERPENGHASILAN, sanggup bertanggungjawab menafkahi istri. #AiMa

Untuk para pemudi, jangan tunggu pemuda tampan berkuda putih menjemputmu. Siapkan diri juga secara finansial. Siap start dari NOL. #AiMa

Boleh gak sih pertimbangkan HARTA dari calon suami/istri? Boleh, tapi jangan jadikan sebagai pertimbangan utama dalam memilih. #AiMa

Apa yang perlu dikenali dari calon pasangan? berapa penghasilan, gaya hidup, hutang, dan lain-lain. Tapi bagaimana cara tanya yang elegan? #AiMa

Banyak pemudi yang ragu kalau harus tanya “emang gajimu berapa?” tak sedikit pula pemuda yang gak mau terbuka kecuali ditanya. #AiMa

Cewe matre: “mo ngasi makan apa lo berani ngelamar?” | cewe solehah: “jelaskan, bagaimana caramu membawa makanan halal kedlm rumah kita?” #AiMa

Luruskan niat, tanya penghasilan bukan karena matre. Tapi minta kepastian bahwa hanya lelaki bertanggung-jawab yang boleh menikahimu. #AiMa

Luruskan niat, cerita tentang mai’syah bukan karena sombong … tapi meyakinkan calonmu bahwa hanya harta halal yang akan dibawa pulang ke rumah. #AiMa

“Malu mau jujur kasi tau, gajiku kan kecil, nanti ditolak … ” Ada yang beralasan begini? #AiMa

Jika Anda ditolak karema dianggap penghasilannya kecil. berBAHAGIAlah … karena Anda telah diselamatkan dari bahaya yg sangat besar. #AiMa

Bayangkan seperti apa jadinya rumah-tangga jika Anda mengaku berpenghasilan besar agar diterima mertua. Bahaya yang sangat besar. #AiMa

Jangan bandingkan fasilitas calon suami (yg baru berapa tahun/bulan kerja) dengan fasilitas ortu di rumah (yang sudah puluhan tahun kerja). #AiMa

Maka wajar kalau awalnya ngontrak di rumah dalam gang becek gak ada ojek. Start bersama dari 0 itu lebih nikmat, jadi kenangan ampe tua. #AiMa

Jangan nilai calonmu dari penghasilannya sekarang. Tapi nilailah ia dari potensinya di masa yg akan datang. (kata istri saya tuh … 😅) #AiMa

Menunda pernikahan krn masalah keuangan, malah akan membuat Anda terjerumus pada masalah keuangan yg lebih besar di masa depan. #AiMa

Contoh: Masuk usia pensiun, anak masih belum lepas nafkah. Melahirkan anak di usia >35 tahun berisiko tinggi. Asuransi juga jadi lebih mahal. #AiMa

Di bank, yang identitasnya KTP + Buku Nikah lebih dipercaya dalam penilaian kredit, dibanding yang cuma KTP aja & gapunya buku nikah 🙈

Sudah siap? ☝🏼

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s