Nikmatnya Khusu dalam shalat

📣 Kodham Media

Hari Tanggal : Senin, 25 Mei 2015  
7 Sya’ban 1436 H
No     : 25/KOM/05/2015
Tujuan : Kodhamer dan umum

✊✊✊✊ Nikmatnya Khusyu Dalam Shalat 👍👍👍

Sholat adalah ibadah yang paling utama dalam Islam, Shalat merupakan tiangnya agama, sehingga dalam salah satu haditsnya Rasulullah menyerukan bahwa perbedaan yang jelas antara orang yang biasa disebut Mukmin dengan orang yang disebut Kafir adalah sholat. Jadi siapapun orangnya, jika dia tidak mendirikan shalat dengan kesengajaannya maka kafirlah dia.

Salah satu dari keutamaan sholat, bahwasanya sholat itu dapat mencegah diri kita dari perbuatan-perbuatan yang fasik dan munkar. Seperti yang telah Allah Firmankan dalam Al Quran:

إن الصلاة تنهى عن الفحشاء و المنكر

“Sesungguhanya sholat itu bisa mencegah dari perbuatan fasik dan munkar”. (QS:Al Ankabut(29):45)

Namun kenyataanya tidak sedikit orang yang mengaku muslim, dan dia juga sholat tapi sikap dan perilakunya tidak berbeda dengan orang yang tidak sholat, bahkan lebih parah dariorang kafir. Mereka mencuri, membunuh dan yang tidak asing lagi adalah korupsi. Lalu kenapa sholat tidak memberi efek terhadap perilakunya? Siapa yang salah? Apakah sholatnya yang salah?

Sholatnya tidak salah, akan tetapi bagaimana caranya dia sholat yang perlu kita perhatikan, Orang-orang yang sholat dengan khusyu’, maka shalatnya akan memberi pengaruh besar dalam kehidupannya. Shalat khusyu’ akan memberi dampak positif dalam segala perilakunya. Hingga dengan demikian, shalat khusyu’ tersebut akan menjaganya dari segala perbuatan yang diharamkan dalam agama.

Dalam hadist lain Rasulullah s.a.w. bersabda:”Barang siapa berwudlu dan memperbaiki wudlunya kemudian ia sholat dua rakaat, ia konsentrasikan hati dan wajahnya (dan tidak diganggu oleh nafsunya), maka ia akan diampuni dosanya yang telah telah lewat. (H.R. Bukhari).

Dan Allah SWT telah menerangkan dalam Al Quran:

قد أفلح المؤمنون# الذين هم في صلاتهم خاشعون#

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s