HUKUM NADZAR

Nadzar

Nadzar adalah mewajibkan kepada diri sendiri sebuah ibadah yang pada dasarnya tidak wajib dengan menggunakan lafaz yang menunjukkan hal itu. Seperti berkata, “Jika Allah menyembuhkan penyakitku, aku akan berpuasa selama tiga hari.”

Suatu nazar dinyatakan sah, apabila dilakukan oleh orang balig, berakal, mampu memilih (tidak ada paksaan), meski mereka tidak beragama Islam.

Secara umum ulama tdk mensarankan untuk nadzar karena perbuatan orang bakhil karena berniat ibadah ketika diberikan kenikmatan Allah.

Rosulullah bersabda :

“Sesungguhnya nadzar iu tidak akan mendatangkan kebaikan, karena sesungguhnya nadzar itu hanyalah dilakukan oleh orang- orang yg sifatnya bakhil (HR Bukhari Muslim)

Sah atau Tidaknya Nadzar Dinyatakan

Nadzar dinyatakan sah, apabila dimaksudkan sebagai bentuk pendekatan (taqarrub) kepada Allah. Nadzar seperti itu wajib dipenuhi atau dilaksanakan.Sedangkan nadzar dengan maksud melakukan maksiat kepada Allah, dinyatakan tidak sah untuk dilaksanakan, seperti bernadzar meminum khamar, membunuh, meninggalkan shalat, atau menyakiti orang tua. Apabila bernadzar seperti demikian, maka tidak wajib memenuhinya, bahkan haram melakukannya, dan tidak kafarat bagi pelanggarnya, karena nadzar tersebut tidak sah.

Kafarat Nadzar

Seseorang bernazar, akan tetapi ia melanggar atau membatalkannya, maka ia wajib membayarkafarat. Sebagaimana dijelaskan dalam riwayat dari Uqbah bin Amir, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Kafarat nadzar jika tidak disebutkan secara mendetail, maka digolongkan sebagai kafarat sumpah.” (HR Ibnu Majah dan Tirmidzi)

Meninggal Dunia Sebelum Memenuhi Nadzar Puasa

Dalam riwayat dari Ibnu Majah disebutkan bahwa seorang wanita bertanya kepada Rasulullah SAW:

“Ibuku telah meninggal dunia, namun ia meninggal dunia. sebelum memenuhi nazar puasanya. “Rasulullah menjawab, “Hendaknya Walinya yang melakukan puasa tersebut.”

Wallahu’alam bi showab.

Disarikan dari Fiqh Sunah . Syeikh Sayyid Sabiq

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s