Artikel : SHALAT SUNNAH RAWATIB

Shalat Sunnah Rawatib

Sumber : http://alikhlas-mt.blogspot.com

Rawatib berasal dari perkataan ‘raatib‘ yang bermaksud berterusan. Shalat Sunat Rawatib dilakukan beriringan secara berterusan sebelum dan sesudah shalat fardlu lima waktu yaitu ada dua puluh dua rakaat, terdiri dari sepuluh rakaat muakkad (kuat/penting) dan dua belas rakaat ghairu muakkad (kurang penting)

Shalat sunat rawatib yang dilaksanakan sebelum shalat fardlu dinamakan qabliyah sedang yang dikerjakan sesudahnya dinamakan ba’diyah.

Niat shalat rawatib qabliyah dan ba’diyah
1. Qabliyah Shubuh dua rakaat : 
Juga disebut shalat sunat fajar :
Niatnya boleh seperti lafadz dibawah ini : Ushallii sunnatal-fajri rak’ataini qabliyyatal lillaahi ta’aalaa.
Artinya: “Aku niat shalat sunah sebelum fajar dua rakaat karena Allah”.
atau niatnya:
Ushallii sunnatas-subhi rak’ataini qabliyyatal lillaahi ta’aalaa.
Artinya: “Aku niat shalat sunah sebelum Shubuh dua rakaat karena Allah”.

2. Qabliyah Zhuhur dua rakaat :
Niatnya: Ushallii sunnatazh-zhuhri rak’ataini qabliyyatal lillaahi ta’aalaa.
Artinya: “Aku niat shalat sunah sebelum zhuhur dua rakaat karena Allah.”

3. Ba’diyah Zhuhur 2 rakaat :
Niatnya: Ushallii sunnatazh-zuhri rak’ataini ba’diyyatal lillaahi ta’aalaa.
Artinya: “Aku niat shalat sunah sesudah zhuhur dua rakaat karena Allah”.

4. Qabliyah Ashar dua rakaat :
Niatnya: Ushallii sunnatal-ashri rak’ataini qabliyyatal lillaahi ta’aalaa.
Artinya: “Aku niat shalat sunah sebelum ashar dua rakaat karena Allah”.

5. Qabliyah Maghrib dua rakaat :
Niatnya: Ushallii sunnatal-maghribi rak’ataini qabliyyatal lillaahi ta’aalaa.
Artinya: “Aku niat shalat sunah sebelum maghrib dua rakaat karena Allah.”

6. Badiyah Maghrib dua rakaat :
Niat: Ushallii sunnatal-maghribi rak’ataini ba’diyyatal lillaahi ta’aalaa.
Artinya: “Aku niat shalat sunah sesudah maghrib dua rakaat karena Allah”.

7. Qabliyah Isya’ dua rakaat :
Niatnya: Ushallii sunnatal-isyaa’i rak’ataini qabliyyatal lillaahi ta’aalaa.
Artinya: “Aku niat shalat sunah sebelum isya dua rakaat karena Allah.”

8. Badiyah Isya’ dua rakaat :
Niatnya: Ushallii sunnatal-isya’i rak’ataini ba’diyyatal lillaahi ta’aalaa.
Artinya: “Aku niat shalat sunah sesudah isya dua rakaat karena Allah.”

Semoga bermanfaat.

Posted from WordPress for Android

Leave a Reply

